Thursday, November 20, 2014

Berita Hacker : Cara Menghindari Serangan Hacker `Darkhotel`



Berita Hacker : Cara Menghindari Serangan Hacker `Darkhotel`
Para ahli Global Research and Analysis Team Kaspersky Lab mengungkap aksi spionase tersembunyi yang dilakukan hacker "Darkhotel". Targetnya adalah para petinggi perusahaan yang menginap di hotel mewah.

Hacker mengincar data-data berharga milik para petinggi perusahaan yang melakukan perjalanan bisnis. Setelah berhasil mendapatkannya, hacker menghapus jejak kejahatan mereka dan kemudian bersembunyi sambil menunggu target petinggi perusahaan berikutnya.

Kaspersky Lab mewanti-wanti agar pengguna internet berhati-hati saat terhubung ke jaringan internet.

"Ketika melakukan perjalanan, setiap jaringan, bahkan jaringan semi-privasi dalam hotel sekalipun, harus dianggap sesuatu yang berbahaya," kata Kaspersky Lab dalam keterangannya, Kamis (20/11/2014).

Kasus Darkhotel mengilustrasikan pengembangan serangan: seseorang yang memiliki informasi berharga dapat dengan mudah menjadi target dari Darkhotel itu sendiri, karena hingga saat ini masih aktif, atau sesuatu yang menyerupai serangan Darkhotel.

Untuk mencegah ini, Kaspersky Lab memberikan tips agar terhindar dari serangan hacker Darkhotel.

1. Perbaharui (update) perangkat pihak ketiga Anda sebelum melakukan perjalanan. Ketika bepergian, selalu waspada terhadap pembaharuan perangkat lunak. Konfirmasikan bahwa pemasangan pembaruan yang diusulkan telah disetujui oleh vendor yang tepat.

2. Gunakan produk anti-malware yang kuat dan terbaik. Pastikan keamanan internet Anda termasuk pertahanan proaktif terhadap ancaman baru bukan hanya perlindungan antivirus dasar.

3. Gunakan perangkat ‘perjalanan’ terpisah atau, cara alternatif, gunakan perangkat virtual khusus saat Anda sedang melakukan perjalanan.

4. Gunakan Virtual Private Network (VPN) saat bepergian. Anda akan mendapatkan sambungan komunikasi terenkripsi ketika mengakses jaringan Wi-Fi umum atau semi-privasi.

5. Gunakan dua faktor pembuktian keaslian untuk e-mail dan layanan lainnya yang bersifat rahasia.

6. Gunakan kode sandi (password) yang kuat untuk setiap sumber yang Anda akses.

7. Gunakan e-mail terpisah untuk akun Skype dan IM ketika bepergian.

Untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai tips privasi, silahkan kunjungi cybersmart.kaspersky.com/privacy.


sumber : www.liputan6.com

Bagikan

Jangan lewatkan

Berita Hacker : Cara Menghindari Serangan Hacker `Darkhotel`
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Terimakasih telah memberi komentar di sonirivaldi.blogspot.com