Wednesday, November 12, 2014

Berita Hacker : Siaga! Internet akan jadi sarang teroris di tahun 2025



Berita Hacker : Siaga! Internet akan jadi sarang teroris di tahun 2025

Beberapa tahun lagi internet diprediksi akan menjadi tulang punggung infrastruktur dunia. Sayangnya, hal itu juga menjadi ancaman nyata bagi perdamaian dunia.

Internet sudah menjadi kebutuhan mutlak yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah perkembangan sebuah negara. Namun, banyak ahli menyatakan bila internet justru akan menjadi sarang teroris di tahun 2025.

"Cyber attack akan menjadi pilar utama dari perang dan terorisme yang sudah dimulai saat ini hingga puncaknya 2025 nanti," ungkap Joe Kochan, COO dari US Ignite.

Sekitar 60 persen pakar keamanan internet yang di survei oleh Pew Researchjuga menyatakan bila 11 tahun lagi akan terjadi sebuah aksi terorisme terbesar di dunia maya yang pernah dialami manusia, PC Mag (31/10). Aksi terorisme itu diprediksi dapat menyebar dan mengancam kestabilan banyak negara dan warganya.

"Internet tidak dibuat untuk keamanan, tetapi kita memaksanya menjadi tulang punggung semua sektor virtual milik individu hingga negara, begitu pula dengan sektor komunikasi," ujar Joel Brenner selaku mantan petinggi National Security Agency (NSA).

Kekhawatiran itu muncul karena saat ini hampir semua negara sudah mulai melakukan digitalisasi terhadap aset atau data-data penting milik mereka. Pemerintahan dunia pun mulai berlomba-lomba untuk membuat infrastruktur tercanggih di dunia maya, misalnya transaksi ekonomi, sistem pembangkit listrik, sampai pengatur lalu lintas udara.

Deretan infrastruktur penting tersebut bisa menjadi sasaran empuk bagi para teroris atau hacker. Apalagi, teroris dunia maya tersebut saat ini diketahui mulai membangun senjata 'cyber' seperti malware atau virus yang bisa menyerang hampir semua peralatan yang terkoneksi dengan internet, mulai dari satelit hingga toilet pintar sekalipun.

Ironisnya, serangan cyber tersebut tidak hanya dilakukan oleh para teroris saja, tetapi juga pemerintah. Banyak negara-negara di dunia yang mulai menunjukkan gelagat negatif mereka di internet. Misalnya, serangan terhadap iCloud warga China ke berapa waktu lalu yang santer diisukan merupakan ulah hacker pemerintah Negeri Tirai Bambu sendiri.

sumber : www.mereka.com

Bagikan

Jangan lewatkan

Berita Hacker : Siaga! Internet akan jadi sarang teroris di tahun 2025
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Terimakasih telah memberi komentar di sonirivaldi.blogspot.com