Friday, December 5, 2014

Berita Hacker : 4 Rahasia Hacker Yang Perlu Diketahui


Berita Hacker : 4 Rahasia Hacker Yang Perlu Diketahui

Anda kerap menggunakan WiFi hotspot atau nirkabel access point yang memiliki enkripsi sehingga Anda merasa aman? Jangan terbuai begitu saja karena hacker ingin Anda percaya bahwa Anda merasa terlindungi sehingga Anda akan tetap rentan terhadap serangannya.

Berikut adalah 4 rahasia `sakral` hacker yang mereka harapkan tidak akan diketahui para calon korbannya. Jika Anda mengetahui rahasia di bawah ini mereka mungkin tidak dapat masuk ke jaringan atau komputer Anda.

1. Menembus Enkripsi WEP

Enkripsi Wired Equivalent Privacy (WEP) tidak bisa melindungi jaringan nirkabel Anda sepenuhnya. WEP bisa ditembus oleh hacker dalam hitungan menit, yang berarti enskripsi WEP hanya memberikan rasa aman yang palsu.

Hacker `kelas teri` atau pemula bahkan dapat mengalahkan basis keamanan WEP dengan cepat, sehingga pada dasarnya enkripsi WEP tidak bisa dijadikan sebagai mekanisme perlindungan.

Apalagi banyak orang men-setting router nirkabel mereka dan tidak pernah mengubah enkripsi nirkabel selama bertahun-tahun dari WEP ke keamanan WPA2 yang baru dan lebih kuat. Memperbarui router Anda ke WPA2 adalah proses yang cukup sederhana. Kunjungilah website resmi produk router nirkabel Anda untuk memperoleh instruksi.

2. Menjebol Filter MAC

Menggunakan router nirkabel dengan filter Media Access Control (MAC) untuk mencegah perangkat yang tidak dikenal bergabung dengan jaringan Anda tidak efektif dan mudah ditembus.

Setiap perangkat berbasis IP, entah itu komputer, sistem game, printer, dan lain sebagainya pasti memiliki alamat kode MAC yang unik dalam jaringan. Banyak router yang memungkinkan Anda untuk mengizinkan atau menolak akses jaringan pada perangkat yang memiliki alamat MAC.

Router nirkabel memeriksa alamat MAC yang meminta perangkat yang ingin masuk ke dalam jaringan dan membandingkannya atau ditolak. Ini terdengar seperti mekanisme keamanan yang super ketat. Tapi masalahnya hacker dapat membuat alamat MAC palsu yang dengan mudah bisa diizinkan untuk masuk ke jaringan Anda.

Yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan paket program untuk `mengendus atau menguping` lalu lintas nirkabel dan melihat alamat MAC yang melintasi jaringan. Program ini kemudian dapat mengatur alamat MAC untuk mencocokkan mana yang diperbolehkan masuk ke jaringan.

3. Incar Router yang Dikontrol Secara Remote

Banyak router nirkabel memiliki pengaturan yang memungkinkan Anda untuk mengelola router melalui koneksi nirkabel. Ini berarti Anda dapat mengakses semua pengaturan router keamanan dan fitur lainnya tanpa harus berada di komputer yang terhubung ke router menggunakan kabel Ethernet.

Meskipun pengaturan ini sangat efektif untuk mengelola router dari jarak jauh, tapi di sisi lain menyediakan celah bagi hacker untuk mencuri pengaturan keamanan Anda dan membuat mereka lebih leluasa bermain-main di jaringan Anda

Apalagi banyak orang tidak pernah mengubah password admin router nirkabel mereka, yang memungkinkan hacker untuk masuk ke jaringan Anda. Disarankan untuk menonaktifkan pengelolaan router secara wireless sehingga hanya Anda yang bisa mengelola pengaturan router nirkabel.

4. Intai Wi-Fi Hotspot Publik Gratisan

Hacker dapat menggunakan alat-alat seperti Firesheep dan AirJack untuk melakukan penyerangan di mana mereka menerobos ke dalam percakapan nirkabel antara pengirim dan penerima. Begitu mereka berhasil masuk ke jalur komunikasi, mereka bisa mencuri password akun Anda, membaca e-mail, dan melihat pesan instan Anda.

Mereka bahkan dapat menggunakan alat-alat seperti SSL Strip untuk mendapatkan password website yang Anda kunjungi. Untuk itu gunakanlah penyedia layanan Virtual Private Network (VPN) komersial untuk melindungi semua lalu lintas Anda ketika menggunakan jaringan Wi-Fi (bukan Wi-Fi hotspot publik yang gratisan).

VPN yang aman menyediakan lapisan keamanan tambahan yang sangat sulit untuk ditembus. Dengan demikian, hacker akan mengincar target lain yang lebih mudah disusupi.

Bagikan

Jangan lewatkan

Berita Hacker : 4 Rahasia Hacker Yang Perlu Diketahui
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Terimakasih telah memberi komentar di sonirivaldi.blogspot.com