Wednesday, January 14, 2015

Berita Hacker - Pencuri Bobol ATM Menggunakan iPod Nano



Berita Hacker - Pencuri Bobol ATM Menggunakan iPod Nano

 iPod Nano pernah menjadi perangkat teknologi populer dan terbilang mewah di zamannya. Namun, kehadiran perangkat smartphone, lama-kelamaan membuat alat pemutar portabel ini tergusur dan hanya menempati laci lemari.

Meskipun dirancang sebagai perangkat pemutar musik portabel, iPod Nano ternyata bisa dimanfaatkan sebagai alat lain, yaitu dapat difungsikan sebagai skimmer atau alat pembobol ATM.

Sekelompok pencuri dari Gatley, Stockport, Inggirs disebutkan telah menemukan cara baru memanfaatkan perangkat lawas yang berisi komponen-komponen jadul, seperti iPaod Nano. Untuk memodifikasi perangkat itu, mereka menambahkan beberapa alat lain, salah satunya adalah lakban.

Polisi Greater Manchester, Inggris mengklaim bahwa pencuri memanfaatkan iPod Nano untuk merekam video nasabah bank yang sedang memasukkan nomor PIN di mesin ATM. Selain itu, pencuri akan membuat kartu tersangkut dengan alat plastik yang dipasang pada slot kartu ATM.

Pelaku nantinya akan mengambil kartu yang tersangkut dan mencari tahu pin yang dimasukkan pengguna melalui rekaman video yang terekam di iPod Nano. Jika PIN dan kartu telah sesuai, mereka tinggal memanen dana yang ada di dalam rekening korban.

Sayangnya, pihak kepolisian masih belum tahu berapa banyak orang yang terkena modus operandi ini. Kepolisian berharap agar nasabah bank yang melakukan transaksi di ATM untuk lebih hati-hati dan langsung menghubungi pihak bank yang bersangkutan bila mencurigai ada sesuatu yang salah.

Mengutip laman Ubergizmo, penggunaan kartu untuk transaksi menggunakan mesin ATM memang sudah menjadi standar umum. Akan tetapi, sebagian bank sudah memungkinkan transaksi di mesin ATM hanya memakai smartphone dan cara ini diklaim relatif lebih aman ketimbang memakai kartu ATM.

Bagikan

Jangan lewatkan

Berita Hacker - Pencuri Bobol ATM Menggunakan iPod Nano
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Terimakasih telah memberi komentar di sonirivaldi.blogspot.com