Tuesday, March 31, 2015

Pakai Alat Ini, Mobil Anda dijamin Aman Dari Bandit



Pakai Alat Ini, Mobil Anda dijamin Aman Dari Bandit
Telah menjadi ancaman bagi banyak orang, terutama bagi barang-barang elektronik yang dimiliki. Hacker mampu untuk membajak hampir semua barang-barang elektronik yang terkoneksi ke internet, dari mulai gadget hingga mobil.

Dalam beberapa eksperimen terbaru, hacker bahkan mampu membajak mobil yang sedang dikendarai. Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan. Selain merupakan tindakan kriminal, hacking mobil tentu membahayakan keselamatan pengendaranya.

Meskipun begitu, beberapa teknologi tengah dikembangkan sejumlah pihak atau organisasi anti-hacker. Salah satunya adalah sebuah device yang diberi nama CANtact. Perangkat ini diperkenalkan dalam konferensi kemamanan Black Hat Asia di Singapura beberapa waktu lalu.

Melansir Carcrushing pada Minggu (28/3/2015), device ini dibuat oleh pemuda berusia 24 tahun, Eric Evenchich. CANtact adalah perangkat yang memungkinkan pengguna untuk mengendalikan mobil mereka secara penuh melalui laptop. Device ini dibanderol dengan harga US$ 60.

Meskipun terdengar seperti perangkat yang sama untuk membajak mobil, CANtact tidak dimaksudkan untuk itu. Sebaliknya, device ini berguna agar pengguna lebih memahami perangkat lunak mobil mereka serta sebagai sarana untuk menguji kerentanan kendaraan.

Perangkat ini terhubung melalui port OBD2 di bawah dashbord mobil dan ditancapkan ke port USB komputer. Setelah terpasang, pengguna dapat mendiagnosa warning lights dan kontrol fungsi seperti lampu, radio dan bahkan rem.

Pengguna juga mungkin dapat membuat semacam modifikasi bagi perangkat lunak mobil mereka. Meskipun memang hal tersebut akan membatalkan garansi.

"Saya menyadari bahwa tidak ada alat yang baik bagi saya untuk bermain-main dengan alat yang berhubungan dengan industri otomotif, dan tentu saja alat ini sangat mahal," kata Evenchich.

Evenchich juga mengatakan bahwa dirinya ingin membangun sebuah alat beserta perangkat lunak yang mumpuni. Dirinya ingin menunjukkan bahwa kegiatan hacking dapat dilawan dengan mudah.

Bagikan

Jangan lewatkan

Pakai Alat Ini, Mobil Anda dijamin Aman Dari Bandit
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Terimakasih telah memberi komentar di sonirivaldi.blogspot.com