Monday, June 8, 2015

Waspada Hacker Bisa Retas Komputer via Foto


Berita Hacker - Pasti tak sedikit dari Anda yang pernah secara tiba-tiba menerima email berupa foto kucing lucu atau wanita berpenampilan seksi. Sungguh menggoda untuk di-klik dan memperbesar gambarnya bukan?

Namun, berhati-hatilah. Pasalnya kemungkinan besar foto tersebut mengandung malware jahat yang dapat dengan segera menyusup dan menguasai komputer Anda.

Seorang peneliti keamanan asal India bernama Saumil Shah di acara konferensi Hack In The Box mengaku telah menemukan modus peretasan baru menggunakan foto. Metode peretasan via foto ini sendiri dikenal dengan teknik "Stegosploit".

Shah menjelaskan, teknik Stegosploit memungkinkan hacker untuk menyembunyikan kode berbahaya (malware dll) di dalam pixel foto. Teknik ini sebenarnya hampir mirip dengan metode Steganografi, alias metode mengirimkan pesan rahasia dalam bentuk kode acak yang kerap digunakan pada era Perang Dunia II.

Namun di Stegosploit, kode yang disembunyikan bukanlah sekedar pesan biasa, melainkan malware jahat yang berfungsi untuk mencuri data-data pribadi pengguna.

"Ini adalah cara eksploitasi baru dengan penuh gaya," kata Shah seperti yang dikutip dari laman The Hacker News.

Bagikan

Jangan lewatkan

Waspada Hacker Bisa Retas Komputer via Foto
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Terimakasih telah memberi komentar di sonirivaldi.blogspot.com